Jaringan Super 3G Capai 300Mbps

Perusahaan Jepang NTT DoCoMo mengumumkan beberapa hari yang lalu bahwa mereka akan memulai eksperimen sistem Super 3G yang memungkinkan kecepatan transfer super tinggi untuk alat-alat portabel. Penyedia jasa ponsel terbesar Jepang itu mengatakan bahwa mereka berharap untuk dapat mencapai kecepatan download 300 Mbps di pengujian tersebut.


Pengujian DoCoMo akan dimulai di dalam ruang tertutup hanya dengan sebuah antena pengirim dan sebuah antena penerima. Dari situ, DoCoMo berniat untuk mengembangkan percobaan dengan menggunakan empat antena Multiple-Input Multiple-Output (MIMO) baik dari sisi pengirim maupun penerima. Tujuan dari pengujian ini tidak hanya untuk mencapai 300 Mbps akan tetapi juga seberapa baiknya proses transfer data dilakukan antar BTS.

Super 3G merupakan nama alternatif untuk High Speed OFDM Packet Access (HSOPA) yang merupakan teknologi penerus HSDPA dan HSUPA. Super 3G melebihi 3G dalam segi kecepatan transfer data dan efisiensi spektrum. DoCoMo berharap untuk mengimplementasikan Super 3G di Jepang di tahun 2009 agar dapat membantu Jepang bertransisi ke 4G dengan mulus.

Klik di sini untuk sumber artikel.

0 komentar:

Posting Komentar